Pengembangan E-Modul Interaktif Instalasi Penerangan Listrik di Pendidikan Vokasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Al Hikmah Fajar
Taali Taali
Riki Mukhaiyar
Syaiful Islami

Abstract

This study aims to develop and produce valid and practical interactive e-modules for Class XII Electrical Lighting Installation subjects at SMK Negeri 2 Lubuk Basung. The model in this study is the 4D model with steps namely Define, Design, Development, and Dissemination. The validity test of the e-module product was carried out by 2 validators from lecturers and 1 education teacher. Media practicality test refers to the response of teachers and students. The research instrument was a media validation questionnaire and a practicality questionnaire. Based on the validation assessment by the e-module media validator, a very valid value was obtained. The practicality test by 1 subject teacher obtained a very practical value and the student practicality assessment of 25 students obtained a very practical value. Based on these results, the interactive e-module in the subject of Electrical Lighting Installation is practical and appropriate for teachers and students to use in the learning process.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

[1] Noor, T. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003”. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01), 2018.
[2] Nurrita, T. “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171, 2018.
[3] Kholisho, Y. N. “Pengembangan Modul Pembelajaran Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika”. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 17-23, 2017.
[4] Tania, L. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 2017.
[5] Prastowo, A. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2015.
[6] Oktiani, I. “Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik”. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232, 2017.
[7] Satriawati, H. “Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta”. Universitas Negeri Yogyakarta, 13(3), 2015.
[8] Hirzan, L., & Yuhendri, M. Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 142-146, 2020.
[9] Maulana, I. Pengembangan E-Modul Flipbook Berbantuan Flip Pdf Professional Dengan Pendekatan Situation Based Learning (SBL) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII Di SMP Negeri 12 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung), 2020.
[10] Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta, 2014.
[11] D. T. P. Yanto, M. Kabatiah, H. Zaswita, N. Jalinus, and R. Refdinal, “Virtual Laboratory as A New Educational Trend Post Covid-19: An Effectiveness Study,” Mimbar Ilmu, vol. 27, no. 3, 2022, doi: https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.53996.
[12] Trianto. “Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.
[13] K. W. Wardani and D. Setyadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 1, pp. 73–84, 2020.
[14] Riduwan. “Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula”. Bandung: Alfabeta, 2015.
[15] Junita, I., & Sukardi, S. “Pengembangan modul pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 122-125, 2020.
[16] Alfiriani, A., & Hutabri, E. “Kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran bilingual berbasis computer”. Jurnal Kependidikan, 1(1), 12-23, 2017.
[17] O. Candra, D. T. P. Yanto, and N. Imam, “Aplikasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menggunakan Hasil Pengukuran,” Perspektif Pendidikan dan Keguruan, vol. XI, no. 2, pp. 17–22, 2020.